Deklarasi Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442-H / 2021-M

Deklarasi Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442-H / 2021-M

Palangkanews.co.id || Kalteng, Kepoli sian Daerah Kalimantan Tengah (Polda Kalteng) bersama stakeholder terkait dan Forkopimda serta TNI melakukan “Deklarasi Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442-H,” guna mencegah penularan Covid-19 serta mewujudkan Kamtibmas yang kondusif bagi warga masyarakat yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri yang ada di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

Deklarasi berlangsung di Lobi Mapolda Kalteng jalan Tjilik Riwut Km.1 Palangka Raya, Senin (26/04/2921) pukul 08.00 WIB. Acara yang dihadiri oleh Wakapolda Kalteng, unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, Danrem 102/ PJG, unsur NU, BNNP Kalteng, unsur Satgas Covid-19, Dishub Provinsi, Satpol PP serta para PJU Polda Kalteng.

Dalam sambutannya Kapolda Kalteng Irjen. Pol.Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si, M.M, mengatakan, Covid-19 yang masih meningkat perkembangannya baik secara Nasional maupun di Provinsi untuk itu Pemerintah melakukan pelarangan mudik dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442-H untuk mencegah penularan Covid-19. Hal ini kita lakukan sesuai dengan anjuran Pemerintah Pusat yang melarang masyarakat untuk mudik.

“Kita mendirikan posko-posko sekat diperbatasan antara Provinsi Kalteng dengan Provinsi tetangga. Seperti yang kita lakukan di Kabupaten Kapuas untuk mencegah pintu masuk dari Provinsi Kalsel, juga di Kabupaten Bartim kita lakukan penyekatan, Kabupaten Lamandau juga kita dirikan Posko sekat untuk mencegah masuknya masyarakat dari Provinsi Kalbar dan Kabupaten Sukamara, “ujar Dedi.

Ditambahkan, kita juga melakukan penguatan bersama TNI dan Satgas Covid -19 untuk melakukan pemeriksaan di Bandara Tjilik Riwut dan pelabuahan.

“Kita juga menghimbau kepada masyarakat melalui sosialisasi agar tidak melakukan perjalanan mudik dalam merayakan hari Raya Idul Fitri 1442-H mulai dari tanggal 06 sampai dengan 18 Mei 2021, Pemerintah juga akan membatasi kendaraan baik darat udara dan laut, “,pungkasnya.

Pewarta. : Mangboy
Sumber. : Humpoldakalteng

Redaksi Palangka News