Dampingi Mediasi Sengketa Lahan, Babinsa Harap Ada Titik Temu Kedua Belah pihak

oleh -65 views

Palangkanews.co.id # Manuhing – Sebagai aparat teritorial, Babinsa mempunyai kewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial di desa binaanya, serta berperan aktif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.

Bertempat di Gedung GPU Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas, Babinsa Koramil 1016-04/Manuhing Sertu Azis melaksanakan pendampingan mediasi antara perwakilan warga/masyarakat mengenai persengketaan lahan/tanah dengan pihak PT TPA (Tantahan Pandohop Asi).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Manuhing Bambang Hari Mulyanto, Lurah Tumbang Talaken Gusti Ray Novhanda, Babinsa Koramil1016-04/Manuhing Sertu Azis, Bhabinkamtibmas Brigpol Doni Siregar, Humas Perusahaan PT. TPA Bapak Johan, Staf Kantor Kelurahan, Perwakilan warga/ masyarakat sekitar 15 Orang.

Babinsa Sertu Azis menyebutkan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, perlu adanya mediasi kedua belah pihak dengan difasilitasi dari pihak aparatur kecamatan, serta dari TNI dan Polri sebagai mitra karibnya.

“Kami harap pelaksanaan mediasi hari ini berjalan kondusif, serta kedua belah pihak tetap menjaga ketertiban wilayah serta jangan bersikap profokatif,” ujar Sertu Azis saat dikonfirmasi Media Center Kodim 1016/Plk, Rabu (3/5).

Hasil mediasi tersebut diantaranya, masyarakat tidak ingin menjual lahan/tanah kepada perusahaan karena lahan/tanah masyarakat tersebut merupakan warisan dari orang tua. Masyarakat minta kepastian ukuran di lapangan, karena di sinyalir ada segelintir oknum yang menjual secara diam diam ke pihak perusahaan.

Sementara itu Camat Manuhing Bambang Hari Mulyanto mengatakan, “Tanggal 12 Mei 2023 akan dilaksanakan pengecekan langsung di lokasi oleh masyarakat dan pihak perusahaan, dan semoga permasalahan ini cepat selesai,” ujarnya.

Pewarta : Siswanto

Sumber : Pendim 1016/Plk