Bupati Serahkan LPJP APBD 2020 Kepada DPRD Jepara

Bupati Serahkan LPJP APBD 2020 Kepada DPRD Jepara

Palangkanews.co.id || Jepara – 16/6/2021 Bupati Jepara Dian Kristiandi menyerahkan Laporan Pertanggung Jawaban Pelaksanaan (LPJP) APBD tahun 2020 kepada Ketua DPRD Jepara, di gedung DPRD Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Rabu (16/6/2021).

Realisasi pendapatan tahun 2020 mencapai 98.4 persen. Dari rencana sebesar Rp. 2.35 trilliun, pendapatan di PABD Jepara tercapai 2.1 trilliun. “sedangkan realisasi belanja di APBD 2020 mencapai 88.5 persen, atau realisasi sebesar 1.9 trilliun dari target 2.14 triliun” kata Bupati.



Pengelolaan keuangan APBD Jepara tahun 2020 berjalan baik. Hal ini terbukti dengan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan yang disampaikan.

“Ini merupakan opini WTP yang ke sebelas secara beruntun yang diperoleh Jepara. Hal ini menunjukan bahwa kinerja kita telah memenuhi unsur-unsur pengelolaan keuangan daerah yang baik. Predikat ini juga sebagai manifestasi komitmen, tekad, semangat, serta kerjasama dan kerja keras kita semua baik dari jajaran eksekutif dan legislatif” tambah Bupati.

Meskipun demikian, prestasi ini menjadi tantangan sekaligus pekerjaan rumah bagi bersama. Tantangan untuk mempertahankan, memperbaiki dan meningkatkan sistem pengelolaan dan pelaporan anggaran yang tidak hanya bagus, tapi juga harus punya manfaat besar bagi masyarakat.

“Adapun pekerjaan rumah kita adalah menjadikan akuntabilitas dan transparansi APBD serta kesejahteraan rakyat adalah satu paket yang tidak bisa dipisahkan”. tandas Bupati.

Pemerintah Daerah tidak bisa berjalan sendiri. Dibutuhkan pengawasan internal yang intensif serta komitmen semua pihak, baik eksekutif maupun legislatif, dari tingkat pengambil keputusan sampaindengan staf pelaksana.

“Harapan saya, kita dapat mengelola keuangan dengan praktik-praktik terbaik. Namun tetap terjaga akuntabilitasnya” pungkas Bupati (Puji S).

Redaksi Palangka News