Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor  Tinjau Pasar Murah

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor  Tinjau Pasar Murah

Palangkanews.co.id #   Sampit –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) Kaliman Tengah, rencana gelar gerakan pangan murah (GPM)  Kotim untuk menjaga stabilitas harga, khususnya menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Seperti yang diketahui, menjelang hari raya sejumlah kebutuhan bahan pokok melonjak tinggi kenaikan harga barang terutama  bahan pokok 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kotim Muhammad Yusuf mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjuti dari program Badan Pangan Nasional, yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN).

“Kegiatan ini untuk memastikan ketersediaan berbagai komoditas pangan, termasuk akses masyarakat terhadap pangan dengan harga terjangkau, khususnya menjelang Hari Raya Idul Adha ini,” ucapnya, Sabtu (24/6/2023) pagi

Ia melanjutkan, GPM ini akan digelar pada 26 Juni 2023 di Taman Kota Sampit. Mulai dari pukul 08:00 WIB sampai dengan selesai.

Harga komoditas pangan yang disediakan pun dibandrol lebih murah dibanding harga di pasaran, meski pun tidak selisih jauh. Karena dalam kegiatan ini pihaknya menggandeng para petani dan distributor langsung untuk memangkas biaya distribusi.

Pihak yang terlibat antara lain Perum Bulog Sub Divre Sampit, Kelompok Tani Binaan Dinas Pertanian, Kelompok Pembudidaya Ikan Binaan Dinas Perikanan, dan Distributor Minyak Goreng.

“Tentunya kami imbau warga pun membeli dengan bijak, beli sesuai kebutuhan, supaya yang lain kebagian. Kami berharap manfaat dari kegiatan ini benar-benar dirasakan masyarakat,” ucapnya.

Adapun, sejumlah komoditas yang disediakan dalam GPM di Kotim sebagai berikut;

Bawang Merah Rp 35.000 per kilogram, Bawang Putih Rp 35.000 per kilogram, Cabai Rawit Rp 45.000 per kilogram, Cabai Hijau Rp 20.000 per kilogram, cabai merah besar Rp 45.000 per kilogram, telur ayam ras Rp 60.000 per sak, beras medium isi 5 kg Rp 60.000 per sak, gula pasir Rp 14.000 per kilogram, ikan patin Rp 25.000 per kilogram, dan minyak goreng merek minyak kita Rp 13.000 per liter. 

Pewarta.    :  Arieyanto

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News