Bupati Jepara Serahkan Bantuan Beras Untuk Nelayan, Lewati Musim Paceklik

Bupati Jepara Serahkan Bantuan Beras Untuk Nelayan, Lewati Musim Paceklik

palangkanews.co.id | Jepara, 12/4/2021 Sejak januari hingga saat ini, hasil tangkapan ikan laut di perairan Kabupaten Jepara sedikit mengalami penurunan. Selain karena cuaca, menurunnya hasil tangkapan juga akibat faktor teknis, seperti alat-alat produksi dan alat tangkap.

Penyaluran bantuan beras pun dilakukan oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi, untuk membantu meringankan beban para keluarga nelayan. Penyerahan secara simbolis diberikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Ujungbatu, Senin (12/4/2021).



Pada kesempatan itu, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jepara Sudiyatno, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan. “Saya berterima kasih sekali Pak Bupati, perhatian Pemerintah Daerah Jepara kepada teman-teman saya nelayan di Kabupaten Jepara,” ucapnya.

Sebelum acara itu dimulai, ketika ditanya oleh peliput mengenai produktivitas tangkapan ikan nelayan, Sudiyatno mengungkapkan saat ini musim paceklik nelayan masih berlangsung. “Musim ini memang sedikit menurun, jadi mulai Januari kita produksinya menurun sekali dibandingkan sebelum-sebelumnya,” ungkap Ketua HNSI Jepara.

Kondisi cuaca yang tidak menentu, berkurangnya habitat ikan, dituturkannya jadi faktor berkurangnya tangkapan ikan nelayan. Di samping berkurangnya kemampuan alat produksi yang mereka diandalkan. “Nelayan itu juga perlu ada pembaruan alat tangkap dan sebagainya. Dan ini alam ombak besar, kelihatannya di pinggir ndak apa-apa, tapi di tengah ombak,” terang Sudiyatno.

Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, volume beras yang disalurkan untuk nelayan kala itu sebanyak 59.965 kilogram. Bantuan itu diperuntukkan bagi 11.993 anggota HNSI, baik mereka dari Forum Nelayan Jepara maupun Paguyuban Kelompok Nelayan. “Kita menyiapkan beras 5 kilogram itu untuk seluruh anggota yang ada di bawah naungan HNSI,” ujarnya.

Adapun bantuan beras tersebut, bersumber dari cadangan pangan pemerintah Kabupaten Jepara, dan bantuan tanggung jawab sosial perusahaan di Bumi Kartini.

Selain beras, Pemkab Jepara juga berencana memberikan pelatihan kepada para nelayan. Sehingga mereka memiliki mata pencaharian alternatif kala musim paceklik. Jenis keterampilan tambahan nantinya disesuaikan dengan minat dan kondisi lingkungan.

Sumber : Diskominfo Jepara

Puji Sumono
Kaperwil Jateng

Redaksi Palangka News