Bupati Jepara Resmikan Anjungan Dukcapil Mandiri. Sekarang Bisa Cetak Adminduk Sendiri

Bupati Jepara Resmikan Anjungan Dukcapil Mandiri. Sekarang Bisa Cetak Adminduk Sendiri

Palangkanews.co.id || Jepara, 28/7/2021 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara akhirnya memiliki Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Hal ini akan menjadi salah satu inovasi pelayanan administasi kependudukan (adminduk) kepada masyarakat di kota ukir Jepara. Bupati Jepara Dian Kristiandi secara langsung meresmikan penggunaan ADM, di Mal Pelayanan Publik (MPP) Jepara Jawa Tengah. Rabu (28/07/2021).

Bupati Jepara, Dian kristiandi menyampaikan dalam sambutannya. “kami berharap keberadaan ADM ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pelayanan kepada masyarakat Jepara pada umumnya. Dikarenakan kinerja administrasi kependudukan sangat dinamis dan penuh tantangan. Semoga dengan penempatan ADM, di MPP merupakan langkah yang tepat. Penempatan ini juga diharapkan bisa menambah bobot pelayanan di MPP sehingga visi menjadikan MPP sebagai one stop service benar benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat” tandas mas Andi.

“Jangan sampai alat yang telah kita beli ini mangkrak. Untuk itu kita harus ikut menjaga dan merawatnya sebagaimana mestinya. Agar awet dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat,”. Pungkas Andi.



Sementara itu sambutan dari Kepala Dinas Disdukcapil Jepara, Sri Alim Yuliatun menyampaikan. “ADM ini sebagai wujud salah satu pelayanan era modern. Karena bisa digunakan untuk mencetak dokumen Adminduk, yaitu : KK, KTP-el, Akte kelahiran, Akte Kematian, dan Kartu Identitas (KIA). Seperti layaknya ATM yang sudah dikenal luas di dunia perbankan, masyarakat bisa mencetak mandiri kelima dokumen tersebut” ujar Sri.

Sri Alim menambahkan, Bupati menjadi orang pertama yang akan mencoba pelayanan ADM ini. Beliau diperkenankan untuk mencetak KTP-el miliknya di mesin ADM. Semoga tahun depan agar disetiap kecamatan sudah disediakan mesin ADM, sehingga bisa membantu juga mempermudah pelayanan.Dikarenakan per 1 Agustus 2021 saya akan memasuki masa pensiun, dan alkhamdulilah saya sudah mengabdi sekitar 8 tahun menjadi nakoda Kadis Disdukcapil Jepara.

Saat ini prosentase penduduk yang sudah memiliki KTP-el mencapai 99,91 persen. Sedangkan kepemilikan akta kelahiran penduduk usia 0-18 tahun sebesar 94,08 persen.

“Sedangkan KIA, tahun lalu capaian kita 23,34 persen atau di atas target nasional 20 persen dan sampai akhir Juni tahun ini tercapai 27,03 persen. Sementara target nasional tahun ini 30 persen,” jelasnya Sri Alim Yuliatun.

Pewarta : Puji S

admin

admin