Bupati Jepara Ajak ASN Hidupkan Ekonomi Masyarakat, Belanja Diwarung Dan UMKM

Bupati Jepara Ajak ASN Hidupkan Ekonomi Masyarakat, Belanja Diwarung Dan UMKM

Palangkanews.co.id || Jepara, 21/8/2021 Bupati Jepara Dian Kristiandi mengajak seluruh Aparatur Sipil Negera (ASN), disaat pandemi Covid-19 belum berakhir untuk menghidupkan perekonomian masyarakat dengan selalu belanja di warung-warung dan UMKM. Hal ini disampaikan Bupati saat giat rutin jum’at sehat berolahraga di Jepara Jawa Tengah. Jum’at (20/8/2021).

Bupati dalam melaksanakan kegiatan melihat langsung kegiatan UMKM BumDes Desa Bandengan, diawali dengan jum’at sehat olahraga bersepeda. “Kegiatan olahraga bisa dilakukan dengan berbagai cara baik bersepeda, jalan kaki, lari hingga yang lainnya sesuai dengan minatnya masing masing. Jum’at pagi ini sengaja bersepedanan dari Pendopo Kabupaten Jepara menuju lokasi UMKM Desa Bandengan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat” kata Mas Andi.



Rombongan sepeda Bupati, setelah sampai di warung yang berada di komplek pertokoan dikelola oleh BumDes Desa Bandengan sangat mengapresiasi. “pertokoan ini di bangun sangat baik dan rapi untuk menjajakan sejumlah produk masyarakat sekitar. Selain kuliner juga menyajikan hasil UMKM seperti souvenir. Saya kira ini perlu di contoh desa desa lain, agar pendapatan dari desa bisa meningkat” lanjut Mas Andi.

Bupati Jepara dalam kesempatan ini melaunching aplikasi penjualan produk UMKM “NGALIRISI UMKM” aplikasi penjualan produk berbasis scan barcode.

Didalam “ngalirisi umkm” setidaknya sudah ada 30 pelaku UMKM yang tergabung masing-masing sekitar tiga buah produk. Beberapa produk olahan tersebut diantaranya nasi bakar, otak otak, abon ikan, sambal hingga berbagai varian minuman mulai dari jus hingga susu kedelai. Jadi sudah ada sekitar 90 produk makanan dan minuman hasil teman-teman Jepara sendiri. Hal ini akan memudahkan masyarakat ingin mencari makanan dan minuman produk Jepara.

“Mari teman teman seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemkab Jepara untuk banyak jajan atau belanja di warung-warung milik warga sekitarnya. Ini sekaligus menindaklanjuti himbauan dari Gubernur Jawa Tengah agar ASN menyisihkan sedikit gajinya untuk jajan di warung-warung maupun UMKM. Hal ini penting untuk menghidupkan perekonomian di sektor ekonomi ditengah pandemi Covid-19 ini” imbuh Mas Andi.

“Dengan banyak belanja di warung, akan membantu para pedagang dalam situasi yang sulit dan berat seperti saat ini. Mulai sekarang biasakan belanja di warung atau UMKM tetangga, agar mereka bisa hidup ekonominya”. pungkas Mas Andi.

Pewarta : Puji S

admin