Bupati Gunung Mas Pimpin Upacara Hut Gumas Ke-19

Bupati Gunung Mas Pimpin Upacara Hut Gumas Ke-19

Palangkanews.co.id || Kuala Kurun, Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong memimpin langsung uapacara HUT Kabupaten Gunung Mas ke-19 tahun 2021, yang digelar di halaman kantor Bupati Gnung Mas, Senin (12/6/2021).

Pada kesempatan itu, hadir unsur Forkompimda, pejabat eselon II, jajaran TNI Polri PNS serta undangan lainnya. Upacara tersebut berjalan khimat, meski diperinagati dalam nuansa dan suasana yang berbeda tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Pada kesempatan itu, Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong mengatakan, Pada usia yang ke 19 tahun Kabupaten Gunung Mas, telah memberi banyak pelajaran, catatan prestasi dan kenangan, yang patut kita jadikan modal dalam menyongsong tahun-tahun selanjutnya.

“Saya, mengajak kita sekalian untuk terus bergandengan tangan, hilangkan perbedaan, saling mendukung, berjuang dengan tekad yang kuat, berkarya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat demi kejayaan Kabupaten Gunung Mas,” ujarnya.

Dijalskan dia, untuk tema HUT Gumas tahun ini yakni, semangat baru dalam mewujudkan gunung mas mandiri, sejahtera dan bermartabat”.
Sub Tema : “Dengan semangat hari jadi ke – 19 kabupaten gunung mas, kita tingkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, pelestarian lingkungan hidup dan perekonomian untuk mewujudkan masyarakat yang maju, sejahtera dan mandiri”. Ungkapnya.

Kepada Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa dan Kelurahan sebagai ujung tombak, agar berperan aktif untuk memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat.

Menurutnya, Dalam konteks peningkatan Sumber Daya Manusia, Pendidikan dan Kesehatan menjadi hal penting untuk ditingkatkan. Secara bertahap, kita akan lengkapi sarana dan prasarana serta infrastruktur pendukungnya.

Demikian juga pembangunan di sector pariwisata akan menjadi perhatian kita. Semua potensi pariwisata dengan keunikan dan keunggulannya akan kita kembangkan, sehingga kedepan akan mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Gunung Mas.

“Seperti infrastruktur khususnya Peningkatan jalan dan jembatan, akan Untuk Pembangunan di Bidang Infrastruktur khususnya Peningkatan jalan dan jembatan, akan terus ditingkatkan pembangunannya, dengan tujuan untuk membuka keterisolasian dan pada gilirannya terjadi pembangunan yang merata dan berkeadilan,” tuturnya.

Untuk mempercepat pembangunan jalan dan jembatan ungkap Bupati, maka dilaksanakan dengan system tahun jamak 2020 s.d. 2022 yaitu Peningkatan jalan Parempei – Harang Karamat – Bereng Jun, selanjutnya Peningkatan jalan Tumbang Miri – Batu Tangkoi – Tumbang Marikoi dan peningkatan jalan Tumbang Miri – Tumbang Sian – Tumbang Napoi.

“Pada 3 jalur ini, merupakan prioritas yang harus di dipercepat, sedangkan di wilayah lainnya sudah relatif cukup memadai,” katany.

Untuk Pembangunan Jembatan, yang sedang dikerjakan yaitu Jembatan Sei Kahat di Kuala Kurun, Jembatan Penyebarangan Sei Kajuei di Rabambang dan pembangunan Pile Slab Jembatan sei Kahayan, di desa Sepang Kota – Sepang Simin.

Selain itu tambah Bupati, perlu Saya ingatkan juga bahwa saat sekarang ini kita sudah mulai memasuki masa musim kemarau. saya minta dan menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Gunung Mas, untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan, karena dampaknya sangat merugikan baik dari sisi perekonomian, kesehatan, lingkungan serta sudah masuk dalam ranah pidana.

“Saya, atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, mengucapkan selamat Hari Jadi ke – 19 Tahun 2021 kepada seluruh masyarakat Kabupaten Gunung Mas. Semoga di Tahun-tahun berikutnya kita lebih lagi berbuat, menyatukan tekad dengan semangat baru membangun Kabupaten Gunung Mas yang kita,” pungkasnya.

Pewarta. : Hendra
Sumber. : Diskominfostkgumas

Redaksi Palangka News