Bupati Gunung Mas Jaya S. Monong Dampingi Menhan Prabowo Subianto.

Bupati Gunung Mas Jaya S. Monong Dampingi Menhan Prabowo Subianto.

Palangkanews.co.id | Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong, menghadiri kegiatan dalam rangka kunjungan Menteri Pertahanan ( Menhan) Prabowo Subianto kelokasi Food estate Perkebunan singkong di kecamatan Sepang, tepatnya Desa Tewai Baru, pada Rabu (10/03/2021) siang.

Rombongan Menhan yang didampingi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Kapolda dan Danrem, menggunakan tranportasi udara Helicopter dari Palangka Raya , langsung menuju lokasi heli pad, food estate perkebunan Singkong.



Dalam kunjungannya tersebut Prabowo mengatakan sebagai mana yang kita ketahui bahwa food estate ini ,sudah menjadi keputusan presiden, “maksud dan tujuannya, adalah masyarakat mempunyai cadangan pangan diwaktu keadaaan krisis, atau pun kita tidak tergantung dengan negara lain,”tuturnya.

Dalam kesempatan itu ia menegaskan pemerintah harus berkomitmen dalam hal ketahanan pangan dan kelancaran rantai pasokan makanan dari hulu produksi sampai hilir. “Untuk itu food estate akan memperkuat cadangan pangan nasional,”. Ucap Prabowo.

Kunjungan Menhan kali ini, untuk melihat kondisi dan perkembangan food estate di Kalteng di wilayah Gunung Mas, “ada banyak keterbatasan dan kekurangan yang kita alami namun program ini tetap kita jalankan, maupun itu dari sisi legalitas, administrasi dan lainnya, harus dapat diatasi demi kemajuan bangsa Indonesia,” tukasnya.

Lanjutnya, dengan satu misi dan kerjasama yang baik, langkah demi langkah yang kita kerjakan, saya yakin program food estate ini pasti berhasil, walupun diawalnya susah dan banyak kendala, pada akhirnya kita bersama akan rasakan keberhasilannya.

Ia juga menyarankan , agar pemerintah daerah sampaikan kesulitan dan hambatan yang terjadi dilapangan pada food estate, agar kita bersama sama mencari strategi dan solusi , sehingga pembangunan program ini, dapat maju dan berkembang dengan baik.

“Terimakasih atas dukungan dari Gubernur, Bupati, TNI polri atas program ini, karena ini merupakan suatu program nasional dan Indonesia harus lebih mandiri,” tutup Menhan.

Sebagai Kepala wilayah Kabupaten Gunung Mas, Bupati Jaya Samaya Monong menyambut baik dan merupakan suatu kebanggaan, dengan adanya program food estate yang dicanangkan oleh pemerintah, melalui Kemenhan.

Bupati mengatakan, “program ini sejalan dengan program Pemkab Gumas, yaitu Smart Agro atau farming, yang komoditinya adalah jagung dan singkong” tukas Jaya.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, terkait program Food estate, “kami selaku Pemerintah Daerah dan Provinsi saling bersinergi, diantaranya dalam mempersiapkan dan menginventarisir lahan nonproduktif, kurang lebih dari 30.000 ( (tiga puluh ribu) Ha, yang terdiri dari 12 kecamatan, 13 kelurahan, dan 114 desa, dengan luas wilayah 10.873 km persegi,” terangnya.

Bupati juga mengusulkan kepada Pemerintah Pusat melalui Kemenhan, agar Pemkab Gumas mendapat dukungan dana, dalam bentuk anggaran, Bibit atau pun jenis bantuan lain, dalam mendukung program pembangunan food estate yang berbasis masyarakat. “Artinya dapat berdampingan dengan food estate dari Kemenhan,” pintanya.

Dari segi pertanian Bupati juga melaporkan upaya yang sudah dilakukan Pemkab Gumas ,salah satunya pengadaan alat alat pertanian, termasuk alat berat dan jenis lainnya.

Bupati berharap dengan adanya food estate ini ,perekonomian masyarakat di Kabupaten Gunung Mas, dapat meningkat dan sejahtera, dimana progam bidang pertanian dan perkebunan sedang berkembang di Gunung Mas.

Pewarta. : Hendra pknews.Gumas
Sumber : liputan pknews Gumas

Redaksi Palangka News