Bupati Barito Utara Tinjau Peternakan Sapi Potong Kelompok Ternak Maju Bersama Transbangdep.

Bupati Barito Utara Tinjau Peternakan Sapi Potong Kelompok Ternak Maju Bersama Transbangdep.

Palangkanews.co.id -Muara Teweh, 10 Juni 2020 – Selepas melaksanakan Tanam Padi Bersama MT. April-September 2020, Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah beserta rombongan meninjau Peternakan Sapi Potong Kelompok Ternak Maju Bersama Dusun Transbangdep Kecamatan Teweh Selatan. Peternakan dengan luas +/- 3 hektar, 1 hektar untuk kandang dan 2 hektar untuk tanaman rumput, dengan jumlah sapi sebanyak 90 ekor.

Ketua Kelompok Ternak Maju Bersama, Akhmad Sukirno menyampaikan kepada Bupati dan rombongan bahwa dari 90 ekor sapi yang ada sebagian dijual dan sebagian besar dikembang biakan kembali. Adapun saat ini, terdapat 1 ekor Sapi Limosin dan 4 ekor Sapi Brahman, pedet/anak sapi 25 ekor, dan sisanya Sapi Bali. “Sejak berdiri kelompok ini pada tahun 2013, kami telah menjual 115 ekor sapi,” jelas Sukirno. Kelompok Ternak yang cukup sukses ini di tahun 2017 pernah menorehkan prestasi dengan menjuarai Lomba Kelompok Ternak Sapi Tingkat Kabupaten dan Provinsi sebagai juara 1.

Selanjutnya, kendala yang dihadapi saat ini yakni jalan masuk ke lokasi peternakan. Sukirno berharap kepada masyarakat khususnya Dusun Transabangdep agar dapat membentuk kelompok dalam beternak sapi. Hal ini tentunya untuk perkembangan peternakan di Barito Utara. “Kami juga memohon kepada Bapak Bupati agar dapat membantu perbaikan jalan masuk ke lokasi peternakan ini,” harap Sukirno.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah sangat mengapresiasi usaha dan upaya dari Kelompok Ternak Maju Bersama dan berharap agar masyarakat Barito Utara sehingga nantinya Kabupaten Barito Utara dapat menjadi sentra produksi sapi potong. Pemerintah tentunya akan sangat memperhatikan kebutuhan dari para kelompok tani maupun ternak yang ada di Barito Utara. “Melalui Dinas Peternakan, kami berupaya memenuhi kebutuhan dan keperluan dari para petani, pekebun maupun peternak yang ada di Barito Utara,” jelas H. Nadalsyah.

Mengenai permohonan langsung yang diajukan, Bupati akan memerintahkan dinas terkait untuk mempelajarinya. Sehubungan dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah dan masih banyaknya pembangunan bidang lainnya, H. Nadalsyah meminta agar semua pihak dapat memakluminya. “Terlebih saat ini, semua anggaran terfokus untuk penanganan Covid-19. Saya mohon agar masyarakat dapat memaklumi apabila permohonan yang diajukan tidak dapat segera direalisasikan,” jelas Bupati.

Reporter. : Leny
Sumber. : Diskominfo sandi Barut
Editor. : Redaksi Pknews co.id

admin

admin