Bupati Barito Utara Dan Ketua TP PKK Saksikan Pembukaan Festival UMKM Dan Pariwisata Daerah Kalteng

Bupati Barito Utara Dan Ketua TP PKK Saksikan Pembukaan Festival UMKM Dan Pariwisata Daerah Kalteng

Palangkanews co.id || Barito Utara, Dalam rangka untuk menggairahkan dan meningkatkan UMKM dan Pariwisata Daerah serta mendorong perubahan perekonomian kearah digitalisasi industri 4.0, digelar Festival UMKM dan Pariwisata Daerah. Acara pembukaan disaksikan secara langsung oleh Menteri Koperasi dan UMKM, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wakil Menteri Agama, Deputi Gubernur BI, Pejabat Pemprov, Bupati/Walikota se-Kalimantan Tengah, Kepala Perangkat Daerah terkait dan pimpinan perbankan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah, dan undangan lainnya secara virtual. Dari Kabupaten Barito Utara dihadiri oleh Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah, Asisten 2, Kadis Nakertranskop dan UKM, Kadis Budparpora, Ketua TP PKK, Pimpinan Bank Mandiri, Bank kalteng, Bank BNI, dan Bank BRI. Pada 24/6/ dipublikasikan 26/6/21

Dalam laporannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Rihando menyampaikan bahwa dampak dari Pandemi Covid-19 mengakibatkan turunnya kinerja UMKM dan pariwisata daerah, tetapi juga menciptakan banyak peluang, mendorong integrasi ekonomi dan digitalisasi secara cepat.



“Pemda saat ini telah banyak yang melakukan pembayaran dan transaksi secara non-tunai,” jelas Rihando.

Dijelaskan, Kantor Perwakilan BI Prov Kalteng telah mendesain suatu program yakni Festival UMKM dan Pariwisata Digital dengan tema Pesona Bumi Tambun Bungai yang dilaksanakan tanggal 24-26 Juni 2021 dengan puncaknya akan dilaunching website UMKM dan Pariwisata Digital Kalimantan Tengah.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah mengharapkan dengan dilaunchingnya website UMKM dan Pariwisata Daerah Kalteng dapat dimanfaatkan bagi para UMKM di Barito Utara dan sekaligus sebagai sarana promosi dalam memajukan pariwisata Barito Utara.

“Dengan menggunakan website sebagai media promosi dan penjualan pada masa keterbatasan mobilitas masyarakat, diharapkan dapat memacu tingkat pertumbuhan ekonomi,” kata H. Nadalsyah.

Terlebih saat ini UMKM yang telah terdaftar dan teregistrasi pada Disnakertranskop dan UKM sebanyak 969 UMKM, tentunya akan menjadi peluang yang sangat baik untuk memasarkan hasil produksinya.

Pewarta.:. Red pknews
Sumber : Prokopim2021 Barut

Redaksi Palangka News