BLT-DD Rp24,7 Milyar, Peruntukan 101 Desa Disalurkan

BLT-DD Rp24,7 Milyar, Peruntukan 101 Desa Disalurkan

Palangkanews.co.id – Tamiang Layang, Bupati Atas nama Pemerintah Barito Timur Kalteng Ampera AY Mebas , Pemerintah mengucurkan Dana Rp24,7 milyar Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk 101 desa di Kabupaten Barito Timur Kalteng.

“Dana sebesar Rp24,7 milyar ini merupakan hasil rasionalisasi dari Dana Desa dalam APBDes, yang diperuntukan khusus untuk BLT-DD bagi warga terdampak Covid-19 yang tersebar di 101 desa pada 10 kecamatan,” kata Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Minggu (21/6/2020).

Bupati Ampera melanjutkan dana BLT DD yang dianggarkan pada setiap Desa bervariasi. “ Hal itu tergantung jumlah warga KK yang terdampak Covid-19 layak untuk penerima bantuan sosial sebesar Rp600 ribu setiap bulan selama tiga bulan,” katanya melihat kondisi perkembangan pandemi covid-19

Berdasarkan kebijakan baru yang tertuang dalam PMK Nomor 50/PMK.07/2020 tentang perubahan kedua atas 205/PMK.07/2019 tentang pengelolaan dana Desa, bantuan BLT-DD akan diberikan sebesar Rp600 ribu kepada setiap kepala keluarga, yang
belum terdaftar sebagai penerima BST Kemensos dan BLT dari Provinsi Kalimantan Tengah.

“Jka ada Desa yang tidak melakukan penyaluran BLT-DD, maka dana yang telah dirasionalisasi dalam APBdes tersebut bisa diperuntukan untuk kegiatan pembangunan atau bisa juga dijadikan Silpa,” tegasnya.

Pesan Bupati Bartim Ampera, jaga kerukunan umat beragama , ikuti aturan Pemerintah, untuk memutus rantai penyebaran virus Corona, jaga jarak pakai masker bila diluar rumah jaga kebersihan diri dan lingkungan biasakan cuci tangan pakai sabun air yang mengalir.

Pewarta. : Fauzi
Sumber. ,: Biro Pknews.co.id
Editor. : Redaksi pknews co.id

admin