Besi Scrap PT. PLN UIKTJB Jepara Dikeluarkan BGR Logistics

Besi Scrap PT. PLN UIKTJB Jepara Dikeluarkan BGR Logistics

Palangkanews.co.id |Jepara, 21/3/2021 PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B Jepara Jawa Tengah, Kerjasama Penjualan dan Pengangkutan dengan BGR Logistics (PT. Bhanda Graha Reksa Persero) kantor pusat Jln. Kali besar timur 5-7 Jakarta. Dengan No Nota Kesepahaman : 0042.MoU/REN.05.01/DIRUT/2016 tentang Kegiatan Pengangkutan, Logistik dan Pergudangan (Sinergi BUMN) .

Kegiatan Penghapusan Aset berupa Limbah Non B3/sampah. Barang Material Aktiva Tetap Tidak Beroperasi (ATTB) aset milik PT. PLN (persero) UIKTJB Jepara.



Pelaksanaan Pengangkutan dan Pengeluaran pada hari jumat, 19/3/21 pukul 16.35 wib. 5 (lima) mobil truck tronton bermuatan scrap yang di kawal dari tim pengawalan gabungan, dari Polres Jepara dan Kodim 0719 Jepara.

Berdasarkan Perjanjian Kerjasama Antara PT. PLN (Persero) dengan Kepolisian Daerah Jawa Tengah Nomor : 0019/PJ/MNJ.02.02/UIKTJB/2019 dan Perjanjian Kerjasama antara PT. PLN (Persero) dengan Kepolisian Resort Jepara Nomor : 0002.MoU/KLH.03.01/A.230000/2020 tentang Penyelenggaraan Pengamanan Instalasi dan Aset PT. PLN (Persero) UIKTJB Jepara.

Dengan pengawalan yang sangat ketat, 5 truk tronton bergerak dari PLTU TJB. Di tengah perjalanan, tepatnya di kawasan hutan (pertigaan kedungleper) truk di hadang oleh sekelompok pemuda. Sempat terjadi ketegangan dengan kelompok pemuda, tim pengawalan dengan cara persuasif bisa meredam situasi yang kondusif. Akhirnya 5 truck tronton lanjutkan perjalanan.

Dalam rangka menjaga kondusivitas masyarakat, bisa berjalan dengan tertib dan lancar dan tidak menimbulkan kerugian Negara. Perlu dilakukan kegiatan sosialisasi ke masyarakat desa penyangga PLTU TJB Jepara.

BGR Logistics pada tanggal 26/2/2021 telah melaksanakan clausal dalam Perjanjian Kerjasama dengan PT. PLN (Persero) UIKTJB. Salah satunya Sosialisasi ke desa desa penyangga PLTU TJB, Desa Tubanan, Kaliaman, Bondo, Kancilan dan Wedelan dengan menyalurkan bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR). Lewat Muspika Kecamatan dana CSR di terima oleh Petinggi petinggi pada hari jum’at 19/3/2021 sebagai berukut :
1. Tubanan 50 Jt
2. Kaliaman 30 Jt
3. Bondo 30 Jt
4. Kancilan 30 Jt
5. Wedelan 30 Jt

Bantuan dana CSR tersebut secara internal akan di kontribusikan sendiri oleh masing masing Petinggi.
Sudah menjadi tradisi bertahun tahun, apabila besi scrap keluar dari PLTU TJB. Maka tim lapangan desa penyangga, selalu mendapatkan kontribusi sendiri dari pembeli Scrap.

Sampai berita ini di turunkan masih ada desa yang belum membagikan dana bantuan CSR kepada masyarakat.

Dari 5 desa penyangga, hanya desa Tubanan yang tidak mau merima dana bantuan CSR tersebut, dan di kembalikan lagi kepada BGR Logistics.
Hal ini dilakukan, karena tidak sesuai dengan tuntutan masyarakat desa Tubanan yang di akomodir oleh 43 RT dan 7 RW dan Lembaga lembaga desa. Berdasarkan surat tuntutan atas nama “Bumdes Amukti Tubanan” yang di ketahui oleh Petinggi Tubanan No : 006/III/21 tanggal 16/3/2021 yang di tujukan kepada :
1. PT. PLN UIKTJB
2. PT. BGR Logistics

Dalam surat tuntutan, masyarakat menginginkan dana bantuan CSR bisa di nikmati seluruh masyarakat desa Tubanan, yaitu Rp. 100.000 x 4.500 KK (kepala keluarga).

Informasi dari beberapa nara sumber, dengan data data.

Pewarta : Puji Sumono KaperwiJateng.
Sumber. : Liputan pknews.Jepara

Redaksi Palangka News