Bappeda Barsel Perkuat Pokjanal Posyandu

Bappeda Barsel Perkuat Pokjanal Posyandu

Palangkanews.co.id /// Barito Selatan – Kepala Bappeda Barito Selatan (Barsel), Jaya Wardana menyatakan, Posyandu menjadi salah satu pemateri dalam rapat peningkatan peran kelompok kerja operasional (Pokjanal) Posyandu tingkat Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah (Kalteng), yang dilaksanakan Dinas Kesehatan setempat, Selasa (24/5/2022).

Dalam kegiatan itu, menurut Jaya saat ditemui Awak media di kantornya, Rabu (25/5/2022), dia menyampaikan bahwa Posyandu memiliki peran strategis dalam mewujudkan dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat yang kegiatannya dirancang dan dikelola masyarakat dengan prinsip dari oleh dan untuk masyarakat, dengan bantuan pemerintah.


Sesuai amanat amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2007, kata Jaya, Pokjanal Posyandu sebagai kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan/pengelolaan Posyandu yang berkedudukan mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan.

“Kemarin, kami juga menegaskan bahwa kejelasan fungsi, peran dan program kerja pokjanal posyandu menjadi salah satu indikator keberhasilan pembinaan posyandu oleh pemerintah. Karena peran pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah ditunjukkan oleh program-program yang jelas terukur,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Rabu (25/5/2022).

Karena itu, sebut Jaya, untuk meningkatkan koordinasi, pembinaan fasilitasi, advokasi dan dukungan untuk meningkatkan fungsi kinerja posyandu, diperlukan komitmen, kesamaan pemahaman dan kerjasama sehingga akan terjadi sinkronisasi dan kerjasama lintas sektor, melalui Pokjanal Posyandu Kabupaten Barito Selatan.

“Dalam Pokjanal Posyandu ini, Bappeda sebagai salah satu instansi yang terlibat,” tukas dia.

Keterlibatan Bappeda dalam Pokjanal Posyandu ini, jelas Jaya Wardana, karena sesuai ketentuan, Pokjanal Posyandu memiliki tugas menyiapkan data dan informasi dalam skala provinsi tentang keadaan maupun perkembangan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan program Posyandu. Kemudian menyampaikan berbagai data, informasi dan masalah kepada instansi/lembaga terkait untuk penyelesaian tindak lanjut.

“Pokjanal Posyandu ini juga bertanggung jawab menganalisa masalah dan kebutuhan intervensi program berdasarkan pilihan alternatif pemecahan masalah sesuai dengan potensi dan kebutuhan lokal, menyusun rencana kegiatan tahunan dan mengupayakan adanya sumber-sumber pendanaan untuk mendukung kegiatan pembinaan Posyandu, dan melakukan bimbingan, pembinaan, fasilitasi, advokasi, pemantauan, dan evaluasi pengelolaan program/kegiatan Posyandu secara rutin dan terjadwal. Karena itu, Bappeda sebagai lembaga yang tugas dan fungsinya di perencanaan, memiliki peran penting dalam Pokjanal itu,” beber Jaya.

Lebih lanjut Jaya juga mengungkapkan, pada berdasarkan data yang ada pada Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah, saat ini di kabupaten tersebut terdapat sebanyak 173 Posyandu. Namun dari jumlah tersebut, 13 di antaranya tidak aktif.


Berdasarkan stratanya, ke-173 posyandu tersebut, masing-masing terdiri dari 12 Posyandu Pratama, 42 Posyandu Madya, 102 Posyandu Purnama dan 16 Posyandu Mandiri.

Pewarta : Assjian
Sumber : Jaya Wardana.

Redaksi Palangkanews

Redaksi Palangkanews