Banjir Yang Melanda DAS Barito Diduga Akibat Gundulnya Hutan

Banjir Yang Melanda DAS Barito Diduga Akibat Gundulnya Hutan

Muara teweh – Das Barito meluap lagi mengakibatkan air membanjiri Kota Muara Teweh dan beberapa desa yang ada di pinggiran sungai kab. Barito utara, berdasarkan pantauan awak media di daerah banjir meliputi kota muara teweh, kel. Lanjas, kel. Jambu, kel. Jingah dan beberapa desa lainnya.”jum’at (01/05/2020)

Tidak ketinggalan banjir juga melanda pada kabupaten tetengga seperti kab. Murung raya kab. Barito selatan, hal ini merupakan suatu bencana banjir tahunan yang selalu terjadi pada tiga kabupaten serta beberapa desa yang ada dipinggiran sungai dalam kondisi dataran rendahnya.

Air membanjiri Kota Muara Teweh mengakibatkan matinya beberapa perokonimian warga terutama tempat perdagangan seperti pasar kota maupun pasar tradisional yang ada di Kota dikarenakan air sudah menenggelamkan tempat mereka pedagang berjualan yang ada di pasar Ipu, pasar Pendopo dan pertokoan pasar gembira, sedangkan pasar yang masih bisa beraktifitas adalah Pasar Bebas Banjir (PBB) karena pasar tersebut letaknya di atas datarann tinggi Kota Muara Teweh.

Berdasarkan keterangan beberapa warga yang ada di Kabupaten Barito Utara air sungai barito yang meluap dan membanjrir Kabupaten dan desa desa yang ada di pinggiran sungai merupakan air yang mengalir turun dari hulu sungai barito menuju kearah hilir sungai yang ada di Banjarmasin (Kalse).

Serta diperkirakan warga setempat banjir yang melanda merupakan akibat berkurangnya pohon pohon besar yang ada di hutan hulu barito yang biasa menampung air hujan dikala musim hujan sehingga air hujan tersebut langsung turun ke sungai barito.”ungkapnya.(red)

admin

admin