Audiensi Forum GenRe bersama Bupati Gunung Mas sebagai Ayah dan Bunda GenRe Provinsi Kalimantan Tengah

Audiensi Forum GenRe bersama Bupati Gunung Mas sebagai Ayah dan Bunda GenRe Provinsi Kalimantan Tengah

Palangkanews co.id | Perw 27 Januari 2021 Prov Kalteng bersama Forum GenRe Kalteng yang di wakili oleh Ketua GenRe Kateng (M.Hasfi, SH) dan beberapa perwakilan dari pengurus GenRe meminta ijin sekaligus silaturahmi ke Ayah Bunda GenRe Prov Kalteng terkait kepengurusan GenRe Kalteng yang akan berakhir Juli 2021.

Sekaligus melaporkan kegiatan yang akan dilaksanakan di Tahun 2021 dan yang sudah dicapai di Tahun 2019 sebelum Virus Corona melanda yang banyak Kegiatan yang dilakukan di lapangan seperti GenRe Camp, Kegiatan di kampung KB, Pelatihan dan Lomba2 GenRe Se Provinsi Kalimantan Tengah, dan pada saat pandemi kegiatan tersebut dilakukan secara Online untuk meningkatkan program GenRe Kalteng, membantu mensupport Perw BKKBN Kalteng dibawah naungan Bidang KSPK (Bakti,SH) Subbid Bina Ketahanan Remaja (ErikPranata,S.Psi) pelaksanaan program yaitu Orientasi Pendidik Konselor Sebaya, Orientasi Konselor Sebaya, Pemilihan Duta GenRe yang Ayah Bunda hadiri juga, Kegiatan Jambore Ajang Kreatifitas (JAK) dimana Bunda GenRe yaitu Bunda Mimie Mariatie Jaya S Monong sebagai salah satu Dewan Jurinya.

Tahun 2020 sudah terbentuk Forum GenRe di 12 Kabupaten/Kota Se Prov Kalteng dan masih ada 2 Kabupaten yaitu Kab. Seruyan dan Kab. Barito Timur yang masih belum terbentuk.

Kegiatan yang di lakukan Forum GenRe di Kab/Kota masih belum begitu aktif karena memang sebagian masih baru sehingga sebelum pergantian pengurus Forum GenRe yaitu pada saat sebelum Musyawarah Daerah (Musda) kegiatan yang ingin dilakukan Forum GenRe Kalteng yaitu melakukan Program Kerja Roadshow di Kab/Kota supaya bisa membantu memfasilitasi aspirasi dari teman-teman GenRe di Kab/Kota, karena selama ini kegiatan selalu diadakan di Kota PalangkaRaya, yang mana tidak semua bisa hadir ketika kegiatan di adakan di Kota.



Jadi di Tahun 2020 Forum GenRe mempunyai sedikit tabungan dari beberapa kegiatan yang sudah dilakukan dan pendanaan tersebut akan Forum GenRe lakukan untuk mendatangi Kab/Kota sehingga bisa menyentuh/menemui teman-teman di Kab/Kota. Sebagai Anak-anak GenRe meminta Ijin pada Ayah dan Bunda GenRe supaya ayah dan bunda mengetahui apa yang sudah di lakukan anak-anak GenRenya.

Sebelum melakukan Roadshow akan melakukan daring dengan Kab/Kota nanti mungkin ayah dan bunda GenRe bisa menyapa anak-anak GenRe di Kab/Kota. Rencana Kegiatan akan dilakukan Feb-April 2021 di 14 Kab/Kota untuk membagikan ilmu serta program-program GenRe ke semua temanteman GenRe di Kab/Kota, karena GenRe mempunyai PR berat dimana pernikahan usia Anak di Prov Kalteng berada di peringkat 2 (dua) setelah Provinsi terdekat yaitu Kalsel yang merupakan peringkat pertama.

Di Gunung Mas ada 28 PIK R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) yang masuk PRO PN dan 1 BKR (Bina Ketahanan Remaja) selama pandemi kegiatan dilaksanakan secara online baik melaui Instagram, facebook maupun daring,karena pada saat Corona aktivitas anak-anak maupun remaja terhenti yang di sibukkan dengan Handphone (HP) saja, tingkat putus sekolah semakin meningkat yang dikhawatirkan mengakibatkan pernikahan usia anak meningkat yang akan melanggar hak anak ungkap Novi Anggraini (Kabid KBKS Kab Gunung Mas).

Bupati Gunung Mas sebagai Ayah GenRe Jaya S.Monong mengatakan, Beberapa hari lalu Bapak/Ibu Bupati selaku Ayah dan Bunda GenRe Kalteng menerima surat dari Kepala Perw BKKBN Prov Kalteng (Mhd. Irzal, SE.ME) bahwa akan melakukan kunjungan ke Kabupaten Gunung Mas dan sangat bangga bisa bertemu walaupun di saat pandemi ini kita harus selalu mematuhi protokol kesehatan “terimakasih atas kunjungan dari adik-adik Forum GenRe Kalteng, ayah bunda senang bisa didatangi anak-anak saya dari GenRe bersama Perw BKKBN Kalteng dan yang tidak berkesempatan hadirpun pada saat sekarang ini bisa menggunakan teknologi media sosial seperti pada kesempatan saat ini bisa berkoordinasi, bertukar pikiran, bersilaturahmi, berkenalan melalui live Instagram”.

Di tengah pandemi ini banyak kegiatan yang tertunda tetapi saya selaku ayah genre kalteng, senang dan bangga dari GenRe, Perw BKKBN Kalteng bersama dinas terkait di Gunung Mas sudah melakukan hal yang luar biasa walaupun di tengah pandemi tetap berusaha melakukan terobosan-terobosan, harus menyesuaikan di era new normal dimana tantangan ini bagaimana kita merubah suatu peluang/kesempatan yang ada dan nanti program-program yang ada harus disesuikan dengan new normal saat ini supaya kita terhindar dari virus Covid-19 ini, tugas dari kita semua dengan new normal saat ini supaya kita terhindar dari virus Covid-19 ini, tugas dari kita semua termasuk Forum GenRe mensosialisasikan protokol kesehatan supaya Corona ini bisa terkendali, dan di Kabupaten Gunung Mas Ayah GenRe akan mendapat kesempatan pertama kali yang akan di vaksin tanggal 1 Februari 2021 sebagai upaya untuk mengatasi Covid-19.

Selanjutnya di sampaikan dengan akan berkhirnya masa kepengurusan GenRe Juli 2021 ini semakin mengakhiri tugas masa jabatan yang dilaksanakan semakin di maksimalkan PR yang belum dilaksanakan.

Tetapi tentunya dipilah dahulu mana yang menjadi prioritas karena terbatas dengan waktu karena dengan keadaan Covid 19 kita harus mengedepankan Protokol kesehatan, dilaksanakan dahulu mana yang jadi prioritasnya yang betul-betul sesuai dengan keadaan sekarang ini, yang lain yang belum dilaksanakan bisa di teruskan oleh pengurus berikutnya.

PPL Kemudian tadi ada akan dilaksanakan program-program seperti dengan roadshow di Kab/Kota terutama yang belum terbentuk, jadi kita sharing dan diingatkan tetap menggunakan protokol kesehatan.

Kegiatan tersebut bagus dan di era pandemi ini tentunya banyak sekali hal yang berubah hal tersebut yang nantinya menjadi sebuah catatatan /agenda dan sebagai potret sehingga bisa menjadi gambaran bagi yang akan melanjutkan nanti kepengurusan dan juga hal tersebut bisa menjadi laporan juga bagi ayah dan bunda GenRe sehingga bisa menjadi program-program yang bisa dilaksanakan, sama juga untuk GenRe Kab Gunung Mas tetap lakukan program-program tetap semangat dan saya terus mendukung kegiatan GenRe.

Pintar Harati, jangan sampai anak-anak moralnya rusak dengan merokok, menuman keras atau napza kemudian pernikahan usia anak. Itulah salah satu tugas Forum GenRe sebenarnya. Beda zaman beda pola yang tepat dalam menyampaikan program-program ini.

Saya percaya dengan anak-anak Forum GenRe Kalteng bisa melakukannya. Bunda GenRe mengungkapkan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan di Roadshow tetap masukkan nilai-nilai keagamaan agar masa depan mereka lebih abik lagi dan sy berharap jika sudah melakukan Roadshow melaporkan ke ayah bunda kegiatan yang sudah dilakukan selaku orang tua GenRe.

Ayah GenRe “Sampaikan pesan-pesan Ayah Bunda GenRe jika saya tidak dapat ikut Roadshow, tetapi saya akan menyempatkan waktu /prioritaskan untuk ikut Roadshow walaupun tidak semua saya bisa ikut tetapi saya akan sangat senang jika ada salah satu saya bisa ikut Roadshow untuk tau keadaan di Kab/Kota sambil atur jadwal nanti”. Ujarnya

Jika ada hal-hal yang perlu disampaikan, silahkan dan kami sangat senang jika ada laporan atau masukan dari anak-anak GenRe sekalian. Silahkan bunda diikutkan dalam group GenRe Kalteng supaya mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Anak-anak GenRenya. Setiap pagi kami selaku ayah bunda mendoakan anak-anak GenRe nya dan bagaimana kabarnya. sehingga dengan adanya gabung di Group GenRe akan dapat mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan oleh anak-anak GenRe nya.

Pewarta : Iswanto pknews Gumas
Sumber. : Liputan pknews Humas.

admin

admin