Aturan SIUP Sektor Perkebunan Barito Selatan.

Aturan SIUP Sektor Perkebunan Barito Selatan.

Palangkanews.co.id || Barito selatan Plt.Kepala Dinas Perkebunan IDA SAFITRI, SP.MM melalui Kepala bidang (Kabid) perkebunan. ARTHOMI, SP., DKPPP menyampaikan kepada awak media saat di temui di ruang kerjanya senin 13/09/2021 soal Ijin Usaha (IUP) Perkebunan kelapa sawit sejak tahun 2020.

Ada beberapa Perusahaan yang mengajukan Ijin Usaha Perkebunan (IUP) Kelapa sawit ke Pemerintah Daerah Kepada Dinas Perkebunan Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Provinsi Kalimantan Tengah ( Kalteng ).

Kalau PT.Duta Sawit Kalimantan itu yang rencana Daerah Kecamatan Karau kuala belum Operasional sampai sekarang.

Adapun menyangkut soal
PT. Globalindo Invetama Lestari,
PT.Globalindo Mitra Abadi Lestari sudah kita kasih surat teguran ketiga kalinya, kalau untuk pemutusan IUP itu adalah tergantung kepada Pemerintah Daerah.

” Adapun PT.Duta Sawit Kalimantan dan PT.Duta Bakti Pertiwi, itu sudah dua kali teguran satu kali lagi kita kasih teguran yang terkhir sesuai perundang undangan hukum yang berlaku.
Kalau mereka tidak ada memberi sanggahan selama empat bulan itu bisa saja Pemerintah Daerah mencabot IUP nya.” Ucap Arthomi

Arthomi juga mengatakan ada beberapa Perusahaan
IUP nya masih dalam proses, yaitu :
1.PT. Bumi Agro Makmur.
2.PT. Duta Bakti Pertiwi
3.PT. Duta Sawit Kalimantan
4.PT. Globalindo Invetama Lestari *)
5.PT. Globalindo Mitra .Abadi Lestari *)
6.PT. Barito Mandiri Perkasa.
7.PT. Insan Bangkuan Mandiri.
8.PT. Kadiri Nusa Permata Inti
9.PT. Kalimantan Barito Persada.

Sedangkan perusahaan yang sudah Operasional nya ada menurut Arthomi ada dua yaitu :

1.PT. Globalindo Agung Lestari
2.PT. Golden Agro Sejahtera.

Selanjutnya Arthomi menembahkan “tugas dari Dinas tekhnis kelapangan melakukan pengecekan pembianaan kepada perusahaan apabila dalam operasional bila ada kendala itu selaku kewajiban untuk membinanya.” Katanya.

Arthomi pun berharap kepada pihak Insfektor yang benar benar ingin bekerja di Daerah Kabupaten Barito selatan ini dengan sungguh sungguh Pemerintah selalu memberi peluang lapangan kerja atau lahan perkebunan tutupnya.

Pewarta: Assjian Kabiro Barsel.
Sumber : Arthomi SP.Kbdp.Dkppp.

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News