Amankan Aset Daerah. Dinas TPHP Pasang Patok

Amankan Aset Daerah. Dinas TPHP Pasang Patok

Palangkanews – Kotawaringin Barat – Untuk mengamankan aset milik daerah, Dinas TPHP melakukan pemasangan patok batas tanah di lahan Balai Benih Tanaman Pangan Desa Tanjung Terantang pada Jum’at ( 17/7/2020). Pemasangan patok yang dilakukan di atas lahan Balai Benih Tanaman Pangan seluas 25,63 ha dilakukan oleh petugas Balai Benih dan Pengurus Barang Dinas TPHP serta disaksikan oleh Sekretaris Dinas TPHP.

Manajemen aset daerah melalui pengamanan aset wajib dilakukan mengingat aset daerah rawan hilang atau lepas jika tidak didukung dengan data-data atau bukti-bukti kepemilikan sah yang mendukung. Hal inilah yang kemudian memunculkan berbagai kasus sengketa seperti rebutan lahan antara pemerintah dengan masyarakat atau pengelolaan asset yang tidak sesuai dengan regulasinya.

Pengamanan aset sesuai dengan tertib administrasi pengelolaan barang milik daerah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah, yang menyebutkan salah satu langkah yang ditempuh adalah perlu dengan melakukan pengamanan asset berupa tanah baik secara administrasi, fisik maupun hukum.

Kepala Dinas TPHP Kobar melalui Sekretaris Dinas, Hj Yurniah Burhan mengungkapkan banyaknya aset tetap berupa tanah dan bangunan yang tercatat pada Kartu Inventaris Barang (KIB) Dinas TPHP yang lokasinya tersebar di beberapa kecamatan di Kobar merupakan gabungan dari aset dinas sebelumnya yakni Dinas Perkebunan dan Dinas Pertanian dan Peternakan.

admin

admin