AKHIRNYA PRESIDEN AJAK DPR REVISI UU ITE DEMI DEMOKRASI & KEADILAN

AKHIRNYA PRESIDEN AJAK DPR REVISI UU ITE DEMI DEMOKRASI & KEADILAN

Palangkanews.co.id | Sinyaleman ini dicetuskan Jokowi ketika memberikan pengarahan kepada jajaran Pimpinan Polri & TNI kemarin. Saat itu, Jokowi meminta kepada jajaran TNI Polri untuk selalu menghormati dan menjunjung tinggi demokrasi serta memberikan rasa keadilan kepada masyarakat.

Jokowi melihat belakangan ini semakin banyak warga masyarakat yang saling melaporkan. Ada proses hukum yang dianggap kurang memenuhi rasa keadilan. “Tetapi memang pelapor itu ada rujukan hukumnya, ini repotnya di sini, antara lain Undang-Undang ITE,” ujarnya.

Oleh karena itu, Jokowi meminta Kapolri agar secara hati-hati membuat pedoman interpretasi resmi terhadap pasal-pasal karet di dalam Undang-Undang ITE, serta meningkatkan pengawasan agar implementasinya konsisten, akuntabel, dan berkeadilan.

Namun, kalau UU ITE tidak bisa memberikan rasa keadilan, Jokowi akan minta pada DPR untuk bersama-sama merevisi UU ini, karena di sinilah hulunya, yang mudah diinterpretasikan secara sepihak.

Kapolri pun merespons arahan Presiden. “Dengan mengedepankan langkah-langkah yang bersifat restorative justice, untuk menjaga agar penggunaan pasal-pasal yang dianggap pasal karet di dalam UU ITE yang berpotensi digunakan untuk saling melapor, atau lebih dikenal dengan istilah mengkriminalisasikan, agar bisa ditekan dan dikendalikan. Sehingga penggunaan ruang siber tetap bisa kita jaga dengan baik, dengan memenuhi etika,” ujar Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Senin 15 Februari 2021.

Pewarta : Red.pknews
Sumber. : Setpres. YouTube

Redaksi Palangka News