281 Premen Diamankan Dalam Operasi Besar Besaran Polrestabes Semarang

281 Premen Diamankan Dalam Operasi Besar Besaran Polrestabes Semarang

Palangkanews.co.id || Semarang, 13/6/2021 Instruksi Kapolri untuk sapu bersih preman-preman yang selama ini meresahkan masyarakat, di tindaklanjuti. Sebanyak 281 preman diamankan aparat Polrestabes Semarang. Ratusan preman jalanan tersebut terjaring dalam operasi  premanisme besar-besaran di berbagai wilayah Kota Semarang Jawa Tengah. Sabtu (12/6/2021)

“Ada 281 orang yang diamankan dari beberapa lokasi,” kata Kepala Bagian Operasional Polrestabes Semarang AKBP Recky Robertho.



Menurut dia, kegiatan operasi premanisme yang digelar serentak oleh seluruh petugas polsek di jajaran Polrestabes Semarang ini ini merupakan bagian dari Instruksi  Kapolri tentang pemantapan pemeliharaan keamanan dan ketertiban di wilayah Kota Semarang.

Dia mengatakan, 281 orang tersebut antara lain diamankan di sekitar pasar, terminal, tempat wisata, persimpangan-persimpangan jalan hingga Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Para pelaku terduga premanisme tersebut antara lain terdiri dari juru parkir liar, pengamen, anak jalanan maupun tukang palak. 

Selanjutnya didata dan dibina. Kalau ada yang pelanggaran hukumnya akan diproses hukum,” katanya. Menurutnya, mereka yang tidak terbukti melakukan pelanggaran pidana akan dilepaskan.

Dia mempersilakan masyarakat untuk melapor jika mengalami gangguan kamtibmas melalui saluran yang tersedia. “Kami pastikan respons cepat terhadap. laporan masyarakat yang mengalami gangguan kamtibmas,” katanya.

Selain mengamankan ratusan preman, aparat Polrestabes Semarang juga menyita sejumlah barang bukti, seperti uang tunai mencapai dua juta rupiah, alat musik, bendera pengatur lalu lintas, papan stop, peluit. 

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan aplikasi libas yang dibuat oleh Polrestabes Semarang untuk melaporkan setiap ada tindak pidana kejahatan.

“Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut/ pihak kepolisian akan cepat merespons laporan masyarakat yang mengetahui maupun yang menjadi korban kejahatan,” ujarnya.

Pewarta : Puji S

Redaksi Palangka News